Artikel 

Jelajah Seni Rupa Nusantara

Galeri Cipta ll, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada 3-15 Maret 2019 mengadakan pameran seni rupa bertema “Jelajah Seni Rupa Nusantara”. Pameran ini berlangsung selama 2 Minggu. Acara dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Dr. Hilmar Farid dan diisi oleh berbagai rangkaian acara antara lain pembacaan puisi, musik, dan diskusi.

Menurut Setiawan Sabana dalam tulisannya di pengantar pameran berjudul “Tapak, Jejak, dan Jelajah Seni Nusantara” adalah seni rupa berkembang sejak zaman dahulu hingga hari ini. Setiap zaman memiliki identitas kebudayaan dan kesenian tersendiri, yang dipengaruhi oleh realitas kehidupan, jiwa dan fasilitas zaman yang tercermin dalam bentuk kreasi sains dan teknologi yang menyertainya.

Menurut Iwan Sabana, perkembangan seni rupa Nusantara itu atau seni pada umumnya, digerakkan oleh komunitas-komunitas dalam masyarakat-masyarakat lama hingga hingga individu-individu masa kini. Mereka berkarya penuh daya kreatif dan daya hidup demi kelangsungan nilai dan martabat manusia (kemanusiaan) pada ruang dan waktunya, zamannya.

“Ruang seni Nusantara bermula dari dinding-dinding gua atau cadas, ruang-ruang spiritual keagamaan, hingga budaya sekuler yang profan pada tataran kehidupan manusia dan masyarakat perkotaan yang kian mengemuka sebagai kebudayaan dan peradaban manusia masa kini.”

Mengenali seni rupa Nusantara, ia melanjutkan, identik dengan mengenali diri sendiri dalam konteks wilayah kebudayaan sendiri, yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita, yang harus dijadikan referensi dan orientasi nilai dan martabat kehidupan masa kini dan ke depan di kawasan negeri Indonesia tercinta.

Pagelaran pameran diikuti oleh 23 peserta dari berbagai karakter seni rupa. Mereka adalah Agoes Salim, Ariesa Pandanwangi, Budi L Tobing, Deny Rusanto, Dhyani Hendranto, Eko Haryanto, Gustian Rachmadi, Hilman Syafriadi, Ira Adriati, Ismet Zainal Effendi, Jimmy Ivan S, Komarudin Kudiya, Lucky Wijayanti, Nuning Damayanti, Patra Aditia, Setiawan Sabana, Rudi Harjanto, Sarmadi Adam, Syarif Maulana, Tantio Adjie, Tisna Sanjaya, Tri Wahyuni, dan Zusfa Raihan.

20 April 2019
WA || Willy Ana

Related posts

Leave a Comment