Kisah 

Awal Mula Pondok Cabe Hingga Diamond Ring Road

Pada suatu malam saya melintasi daerah Pondok Cabe. Terlintas dipikiran saya kalau daerah ini adalah daerah yang menampung atau menghasilkan cabe yang banyak. Makanya disebut Pondok Cabe. Tapi sepanjang perjalanan saya tidak menemukan tumpukan cabe atau gudang cabe di sini. Terkecuali saya ke pasarnya. Lalu dari mana muasal nama tersebut?

Pondok cabe adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia.

Konon, asal mula penamaan Pondok Cabe bukan berasal dari lokasinya yang menjadi sentra produksi cabe, yakni salah satu jenis sayuran yang memilki nama asli Cabai. Namun, nama Pondok Cabe berasal dari pelintiran masyarakat yang sering melepas lelah di tempat ini.

Dulu, di ujung Timur Bandara Pondok Cabe terdapat bukit. Di bawah bukit tersebut ada pohon gandaria juga sebuah gubuk. Nah, tempat ini dijadikan tempat singgah atau peristirahatan bagi orang- orang yang pulang pergi dari Depok dan Bogor menuju pasar Ciputat dan Pasar Kebayoran Lama.

Tempat itu mereka sebut Pondok Cape (capek/lelah). Disebut Pondok Cape karena yang singgah di sana pasti lagi pada Cape, lelah berjalan kaki karena dulu belum ada angkutan umum.

Di Pondok Cabe perumahan terus tumbuh, pertokoan modern, showroom mobil, dan sebagainya. Di Pondok Cabe pula berdiri dengan kokoh kampus Universitas Terbuka. Jika pagi dan sore, plus akhir pekan, Pondok Cabe adalah salah satu ruas kemacetan di wilayah Selatan Jakarta.

Selain itu Pondok Cabe juga memiliki icon yang sangat cantik yaitu sebuah jembatan penghubung Cinere (Depok) dengan Pondok Cabe (Tangsel). Jembatan ini diberi nama Diamond Ring Road (jalan lingkar berlian) atau lazim disebut masyarakat Jembatan Pondok Cabe. Pembuatannya pun terinspirasi dari punggung naga dan tongkat naga.

Jembatan Pondok Cabe ini terlihat cantik sekali pada saat menjelang sore hingga malam hari, dengan lampu-lampu jalan yang menambah pesona keindahannya semakin menawan. Menurut saya Jembatan ini juga sangat bagus jika Anda mau melakukan foto prewedding. Hasilnya tidak akan kalah dengan tempat-tempat lokasi Prewedding yang cantik lainnya.

Depok, 22 Januari 2019
willyana.com || IG/Twitter: @puisiwilly

Related posts

Leave a Comment