Agenda Artikel Foto Kuliner 

Gangan Asam Kuliner Khas Banjarbaru

Gangan Asam Kuliner Khas Banjarbaru

Gangan Asam adalah salah satu nama jenis lauk makan yang berasal dari Banjarbaru dengan bahan utamanya adalah ikan air tawar dengan campuran sayur mayur. Sayur mayur untuk campuran Gangan Asam khas Banjarbaru ini antara lain: kol, wortel, labu air, kacang panjang, buncis dan lain-lain. Sayur mayur dipakai secukupnya dan menurut selera kita.

Gangan Asam khas Banjarbaru ini menggunakan ikan air tawar yang khas disana yaitu ikan patin dan ikan baung (haruan). Ikan-ikan ini didapat dari hasil budi daya masyarakat sana, di sungai-sungai yang ada di sekitar mereka tinggal.

Kurang lebih dua bulan yang lalu saya berkesempatan hadir di kota ini dalam rangka menghadiri sebuah acara Festival Sastra yaitu Rainy Day’s Banjarbaru Literary Festival. Event sastra yang dihadiri oleh puluhan sastrawan dari berbagai daerah.

Sekali menyelam minum air ibarat kata pepatah. Kesempatan ini pun tidak saya sia-siakan. Selain mengikuti acara sastra, saya juga ambil kesempatan ini untuk berburu kulinernya.

Tidak susah untuk menemukan warung-warung yang menjual makanan khas di kota Banjarbaru ini. Di pinggir-pinggir jalan banyak berjejer rumah makan dengan logo khas Banjarbaru. Tinggal sesuai selera kita mau mencoba makanan apa. Saya dan seorang teman saya mampir di sebuah rumah makan Depot Madina yang kebetulan lokasinya berada di depan Museum Lambung Mangkurat tempat sebuah diskusi sastra diselenggarakan sebagai rangakaian dari acara dari Rainy Day’s Literary Festival.

Rumah makan Depot Madina ini menyuguhkan berbagai macam jenis masakan khas sana. Salah satunya Gangan Asam. Harga satu porsi Gangan Asam kepala ikan patin di sini terbilang murah, Rp. 40.000 untuk porsi dua orang. Masakan Banjarbaru ini hampir sama dengan masakan daerah melayu lainnya, dengan ciri utama santan. Melihat tampilan penyuguhannya sangat menarik saya langsung memesan satu porsi Gangan Asam kepala ikan patin. Rasa asam dari campuran racikan bumbu Gangan Asam ini membuat segar setelah kita mencicipinya.

Adapun resep dari Gangan Asam kepala ikan patin khas Banjarbaru sebagai berikut:

Bahan-bahan:

1. Satu kepala ikan patin dengan ukuran yang agak besar. (Dibelah dua).
2. Sayuran (sesuai selera)
Kol, wortel, tomat, kacang panjang, buncis, timun, dan lain-lain. Semua sayuran yang akan kita campurkan dipotong atau diiris terlebih dahulu.

Bumbu yang dihaluskan:

1. Tiga siung bawang merah
2. Satu siung bawang putih
3. Delapan butir ketumbar
4. Satu siung laos, satu siung kunyit, satu siung jahe, satu batang sereh diiris tipis.
5. Satu buah cabe besar (sesuai selera) diiris tipis.
6. Garam dan penyedap rasa.

Cara membuat:
1. Semua bumbu (terkecuali sereh), dihaluskan
2. Cuci bersih semua bahan
3. Lumuri kepala ikan patin dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan diamkan beberapa menit.
4. Siapkan panci dan tuangkan air secukupnya, lalu masak diatas kompor, masukkan irisan sereh.
5. Setelah air mendidih masukkan ikan patin yang sudah dibaluri dengan bumbu tadi diamkan selama 4 menit. Kemudian masukkan semua sayuran untuk campuran juga irisan cabe dan tomat, beri garam dan penyedap rasa. Setelah satu menit angkat.
5. Gangan Asam kepala ikan patin siap dihidangkan.

Lebak Bulus, 12 Januari 2019
willyana.com || IG/Twitter: @puisiwilly

Related posts

Leave a Comment